Total Tayangan Halaman

Selamat Datang Bagi Semua

Blog ini berisi konten-konten yang menarik dari berbagai sumber, yang mungkin bisa bermanfaat bagi para pembaca sekalian..

Jumat, 19 Agustus 2011

Ikan Lele Albino Raksasa Cetak Rekor

Ikan lele albino ini tertangkap oleh peserta tur memancing.

Lele Albino Raksasa (dailymail.co.uk)

VIVAnews - Seekor ikan lele albino raksasa ditemukan oleh Chris Grimmer di Sungai Ebro, dekat Barcelona, Spanyol. Ikan ini memecahkan rekor sebagai ikan lele albino terbesar yang ditangkap melalui pemancingan.

Saat itu, Chris mengikuti sebuah tur memancing. Awalnya, dia tidak menyangka ikan yang memakan umpannya berukuran raksasa. Chris memerlukan waktu sekitar 30 menit untuk menggulung senar pancingnya setelah umpan yang dia lempar disambar ikan ini.

"Butuh waktu lama untuk menariknya, seperti menarik sebuah bus," kata Chris sebagaimana dimuat laman Daily Mail.

"Setelah itu, saya sangat lelah dan nyaris tak bisa berjalan, tapi tidak sia-sia."

Ikan lele itu kemudian ditimbang. Ternyata, beratnya sekitar 88 kg dengan panjang 2,4 meter. Setelah penimbangan, ikan ini kemudian dilepaskan kembali ke sungai.

Sementara itu, pemandu yang mengorganisir tur itu, Ashley Scott mengatakan sangat yakin tangkapan itu telah memecahkan rekor ikan lele terbesar melalui cara pemancingan. "Kami tahu catatan rekor ikan lele, jadi kami langsung menyadari bahwa itu adalah rekor," kata Scott.

Rekor ikan lele albino terbesar yang berhasil ditangkap sebelumnya dipegang oleh Sheila Penfold dari London, Inggris. Dia berhasil menangkap seekor ikan lele albino seberat 86 kilogram pada Oktober tahun lalu.
Namun, ikan lele terbesar yang pernah ditangkap di muka bumi adalah ikan lele raksasa seberat 293 kg. Ikan ini tertangkap di Sungai Mekong, Thailand pada 2005. (umi)

Kasihan, Gurame Ini Kecanduan Cokelat

Ikan gurame umumnya memakan buah

Gary bukanlah satu-satunya hewan yang memiliki pola hidup yang aneh diserahkan ke pusat penangkaran hewan. (sky.com)

VIVAnews - Staf aquarium berhasil menyapih seekor ikan gurame yang kecanduan cokelat dan membuatnya mengonsumsi makanan yang lebih sehat bagi ikan sebangsanya. Sebelumnya, gurame yang malang itu selalu diberi makan Kit Kat oleh pemiliknya.

Awalnya, staf dari Sea Life London Aquarium bingung oleh kelakuan ikan berbobot seberat 4 kilogram itu yang menolak untuk makan sampai akhirnya mereka mendapati bahwa ikan itu tidak pernah diberi makan apapun selain cokelat.

Tim pengamat kemudian memadatkan serpihan Kit Kat ke dalam anggur agar Gary, gurame berukuran panjang 40 centimeter itu mau ‘beristirahat’ dari pola makannya yang biasa.

“Saya tidak pernah mendengar ikan diberi makan cokelat, apalagi dibesarkan sepenuhnya dengan makanan itu,” kata Rebecca Carter, petugas yang ditugaskan untuk menangani Gary, seperti dikutip dari Sky News, 7 Agustus 2011.

Carter menyebutkan, gurame umumnya memakan buah. “Tetapi untungnya Gary tidak tampak mengalami penyakit akibat kecanduan cokelat,” ucapnya. “Akan tetapi, kami tidak merekomendasikan pemilik ikan untuk memberi makan makanan seperti ini,” ucapnya.

Sayangnya, Gary bukanlah satu-satunya hewan yang memiliki pola hidup yang aneh diserahkan ke pusat penangkaran hewan itu oleh pemiliknya.

Di dekat kandang Gary, tinggal Ed, seekor ikan lele yang memutuskan untuk bersikap seperti kucing. Ed hanya mau makan makanan yang disuapi dengan tangan ke mulutnya dan sambil ditepuk-tepuk kepalanya. Ed juga belajar menyerang ikan lain yang berupaya mencuri makanannya.

Staf aquarium menyebutkan, pola makan Gary dan Ed yang aneh merupakan masalah yang serius. “Banyak orang yang tidak melakukan penelitian terlebih dulu saat mereka akan memelihara ikan. Akhirnya, mereka tidak mampu merawat mereka dengan baik,” kata Carter.

”Kami senang bisa memberikan tempat bagi Gary, tetapi faktanya, kami tidak punya tempat yang cukup luas untuk menampung banyaknya permintaan pemilik hewan yang ingin menyerahkan peliharaannya,” ucap Carter. (ren)

Tak Sarapan, Pemicu Hubungan Seks Dini Remaja


Remaja yang melewatkan sarapan berhubungan seks pertama kali pada usia 17,5 tahun.


sarapan (Corbis)

VIVAnews - Sebagian besar siswa kerap melewatkan sarapan pagi dengan alasan akan terlambat sekolah. Sebuah penelitian ilmuwan Jepang mungkin patut Anda perhitungkan untuk membudayakan sarapan bersama keluarga sebelum beraktivitas.

Studi peneliti Jepang yang mempelajari kebiasaan makan 1.500 keluarga menemukan, remaja yang melewatkan sarapan pagi cenderung melakukan hubungan seks di usia dini.

Seperti dikutip dari laman Telegraph, peneliti Jepang juga menemukan, remaja yang sarapan setiap hari sebelum ke sekolah melakukan hubungan seks pertama kali pada usia rata-rata 19,4 tahun dibandingkan usia 17,5 tahun pada remaja yang tidak sarapan pagi.

Studi yang mewawancarai responden berusia 16 hingga 49 tahun juga menemukan mereka yang memiliki ikatan emosional yang buruk dengan ibu melakukan hubungan seks di usia lebih muda. Remaja yang bermasalah dengan ibu, rata-rata berhubungan seks pertama kali pada usia 16 tahun ketimbang remaja yang memiliki ikatan erat dengan ibu, pada usia 19 tahun.

Pendidikan tentang hubungan seksual, menurut Kunio Kitamura, Direktur Eksekutif Asosiasi Keluarga Berencana Jepang, dibangun lewat keluarga, salahsatunya dengan waktu makan.
"Kenyataan bahwa orang tidak bisa sarapan menunjukkan sesuatu tentang lingkungan keluarga mereka," kata Dr Kitamura.

Dia menambahkan, "sebelum menyalahkan individu yang berhubungan seks pada usia dini, mungkin perlu untuk melihat hubungan dalam rumah."

Lewat berbagai studi, para ilmuwan telah membuktikan bahwa sarapan di rumah berhubungan dengan penurunan berat badan, meningkatkan konsentrasi dan kesehatan secara umum.

Kenali Gejala Gangguan Irama Jantung

Kondisi ini membuat risiko serangan stroke menjadi lebih tinggi.


Penyakit Jantung  

VIVAnews - Stroke merupakan penyebab kematian tertinggi di Indonesia, dalam kategori penyakit non infeksi. Sementara di dunia, stroke berada di peringkat kedua. Serangan stroke memang bisa mengintai siapa pun termasuk Anda.

Salah satu faktor risikonya adalah kondisi yang disebut Fiblirasi Atrium, yaitu gangguan pada irama jantung. Hal ini terjadi ketika serambi jantung (atrium) berdetak tidak teratur. Jika denyut tidak teratur, darah akan bergumpal-gumpal di atrium.

Kondisi ini membuat tidak semua darah dapat dipompa dengan baik ke seluruh tubuh. Itu karena gumpalan-gumpalan tersebut nantinya bisa menyumbat pembuluh darah. Salah satunya adalah menyumbat pembuluh darah otak dan memicu stroke atau keadaan hilangnya fungsi otak secara cepat.

Fiblirasi Atrium cenderung dialami oleh orang yang mengalami gangguan katup jantung, mengalami penyakit pengapuran di aorta (arteri besar). Termasuk juga pasien hipertiroid, pasien gagal jantung, dan pasien pasca operasi by pass. Untuk itu penting memeriksakan irama jantung jika mengalami kondisi-kondisi tersebut.

"Pasien Fiblirasi Atrium memiliki risiko serangan stroke lima kali lebih tinggi dibandingkan populasi normal. Satu pertiga di antara mereka akan mengalami serangan stroke setidaknya sekali dalam hidupnya," kata dr Gunawan Purdianto, Health of Medical Affairs, Bayer HealthCare Pharmaceuticals Indonesia.

Hal lain yang harus diperhatikan adalah gejala-gejala Fiblirasi Atrium. Meskipun harus dilakukan pemeriksaan medis untuk memastikannya, Anda patut waspada jika mengalami gejala-gejala berikut:

- Berdebar-debar
- Tekanan darah terus menurun
- Lemas dan sering kelelahan
- Lightheadedness atau merasa pusing dan melayang
- Mudah bingung, tidak fokus
- Sesak napas
- Pada kasus tertentu juga disertai sakit dada.

"Gangguan ini seringkali tidak disadari oleh orang yang mengalaminya. Itu karena gejalanya mirip seperti ketika tubuh merasa kelelahan," kata dr RMW Kaligis SpJP, ahli jantung dari Rumah Sakit Harapan Kita, dalam presentasi Bayer 'Pencegahan Stroke Pada Penderita Gangguan Irama Jantung' di Jakarta. (umi)

5 Obat yang Bisa Bikin Gemuk

Penting untuk mengetahui obat-obat apa saja yang membuat bobot tubuh bertambah.


Obat (dok. Corbis)

VIVAnews - Apakah mengkonsumsi obat bisa membuat tubuh menggemuk? Jawabannya adalah 'iya'. Tetapi tidak semua obat, dan hanya obat tertentu saja.

Penting untuk mengetahui obat-obat apa saja yang membuat bobot tubuh bertambah. Terutama bagi Anda yang harus menjaga berat badan secara ketat demi kondisi kesehatan. Berikut lima jenis obat yang menurut dr. Sushila Kataria, konsultan senior Department of Internal Medicine di Medanta Medicity, New Delhi, bisa memicu kenaikan berat badan, seperti dilansir healthmeup.com.

1. Obat alergi
Obat alergi mengandung diphenhydramine yang membuat Anda cepat mengantuk. Rasa kantuk berlebih bisa juga dialami ketika Anda mengkonsumsi obat batuk. Kandungan tersebut membuat  Anda jadi kurang aktif dan cenderung malas melakukan aktivitas fisik.

2. Obat antidepresan
Beberapa obat antidepresan bisa meningkatkan hasrat makan Anda. Penting untuk menanyakan pada dokter sebelum ia meresepkan obat antidepresan.

3. Pil kontrasepsi
Pil kontrasepsi bekerja dengan memanipulasi hormon. Salah satu efek sampingnya adalah meningkatkan nafsu makan. Akan lebih baik jika Anda memiliki pil kontrasepsi yang kadar estrogennya rendah atau pil progestin, demi menjaga berat badan.

4. Obat tidur

Beberapa obat tidur seperti diphen-hydramine atau sominex juga bisa jadi pemicu utama meningkatnya berat badan. Untuk itu, berkonsultasilah dengan dokter sebelum Anda mengkonsumsi obat tidur tertentu.

5. Obat migrain
Kandungan oleanzipine dan valproate natrium yang terdapat pada obat migrain, dapat menyebabkan kenaikan berat badan. Itu karena zat tersebut memicu hasrat makan berlebih.

Deteksi Penyakit Lewat Kuku

Memerhatikan kondisi kuku, bisa mendeteksi gejala penyakit yang mungkin tak Anda rasakan.


kuku (dok. Corbis)

VIVanews - Tubuh sering memberi petunjuk visual terkait kondisi kesehatan. Selain lewat lidah, urin, bibir, dan mata, Anda bisa mendeteksi gangguan kesehatan dengan memerhatikan kondisi kuku.

Ya, kuku memang hanya bagian kecil dari tubuh manusia yang mungkin kerap luput dari perhatian. Tapi, memerhatikan perubahannya, Anda bisa mendeteksi gejala penyakit yang mungkin tidak Anda rasakan.

Ingin tahu kondisi kuku seperti apa saja yang menggambarkan kondisi kesehatan Anda? Berikut 10 kondisi kuku, seperti dikutip mayoclinic.com.

1. Kuku pucatKuku yang berwarna putih atau agak pucat seringkali berhubungan dengan faktor penuaan. Namun, kondisi ini juga berhubungan dengan gangguan pada kesehatan seperti anemia, gangguan jantung, penyakit lever serta kekurangan gizi.

2. Kuku berwarna kuningWarna kuning pada kuku dapat mengindikasikan kondisi pernafasan seperti bronkitis kronis, gangguan tiroid atau pembengkakan tangan (lymphedema). Dalam sindroma kuku kuning ini, kuku akan menebal dan pertumbuhan melambat, sehingga mengalami perubahan warna. Kuku dipengaruhi oleh sedikitnya kutikula.

Meskipun sering diidentikkan dengan penyakit pernafasan, kuku kuning juga dapat menunjukkan adanya infeksi jamur pada kuku.

3. Kuku berbintik dan berlubangKuku berbintik cenderung berlubang, umum terjadi pada orang dengan psoriaris, kondisi kulit yang memproduksi tambalan bersisik. Kondisi ini juga diakibatkan oleh peradangan artritis dan cedera kuku yang membuat kuku rapuh.

Lubang-lubang pada kuku juga berhubungan dengan kondisi kutikula seperti penyakit autoimun yang juga menyebabkan kerontokan pada rambut.

4. Kuku Berwarna PutihKuku berwarna putih dengan lengkungan warna hitam atau gelap bisa menjadi petanda penuaan. Tetapi juga menunjukkan adanya gangguan pada hati seperti penyakit hepatitis, liver, diabetes, dan malnutrisi.

5. Kuku Berwarna KebiruanWarna kebiruan pada kuku menandakan kuku kekurangan oksigen. Tidak hanya itu, kondisi ini juga menandakan adanya infeksi paru-paru, seperti pneumonia. Penyakit lain yang harus waspadai adalah diabetes.

6. Kuku membesarKuku membesar dan terdapat kurva kuku di sekitar ujung jari menandakan rendahnya kadar oksigen dalam darah dan bisa menjadi petanda penyakit paru-paru. Kondisi ini juga berhubungan erat dengan penyakit inflamasi usus, penyakit jantung, dan penyakit hati.

7. Bengkak di sekitar kukuBengkak di sekitar kuku memang awam terjadi, hal ini kerap kali berhubungan dengan peradangan. Namun, kondisi ini juga mengindikasikan penyakit lupus atau gangguan jaringan.

8. Kuku sendokKuku sendok (koilonikia) adalah kuku yang terlihat berlekuk. Biasanya, tekanan yang ada cukup kuat bahkan untuk menampung setetes cairan. Kuku sendok merupakan tanda anemia.

9. Kuku dengan garis rapuhGaris di tengah-tengah kuku dapat berhubungan dengan cedera parah yang mengganggu pertumbuhan kuku. Namun, kondisi ini juga menunjukkan adanya diabetes yang tidak terkontrol, penyakit yang berhubungan dengan demam tinggi seperti pneumonia, campak, dan cacar, serta malnutrisi.

10. Kuku yang terpisahKondisi ini dikenal dengan sebutan onycholysis. Kuku menjadi longgar dan dapat terpisah dari kulit. Kondisi ini mengindikasikan cedera atau infeksi, penyakit tiroid, reaksi terhadap cat kuku atau kuku akrilik, serta psoriasis. (art)

Agar Gigi dan Mulut Sehat Terawat


Kunjungi dokter gigi enam bulan sekali demi kesehatan rongga mulut.


Klinik dokter gigi (inmagine)

VIVAnews - Penyakit gigi dan gusi termasuk penyakit yang menduduki peringkat delapan terbanyak yang terjadi di Indonsia. Dari Riset Kesehatan Dasar tahun 2007, terdapat 72 persen masyarakat Indonesia dengan gigi berlubang, dan 89 persen anak di bawah usia 12 tahun mengalami gigi berlubang.
Ironisnya, menjaga kesehatan mulut lebih mudah dibandingkan kesehatan tubuh lainnya, hanya dengan rajin membersihkan rongga mulut.

Belum tertanamnya budaya membersihkan mulut dan keengganan masyarakat mengunjungi dokter gigi adalah penyebab penyakit ini terus berkembang. Padahal, kesehatan mulut yang terganggu dapat menular ke organ dalam tubuh menjadi penyakit yang lebih parah.

"Di dalam gigi terdapat pembuluh darah dan saraf, jika gigi berlubang tidak segera diobati dan dibiarkan, akan menjadi gigi busuk. Jika sudah terkena pembuluh darah, bakteri pada gigi busuk tersebut akan terbawa ke organ dalam tubuh dan bisa menyebabkan penyakit lainnya seperti jantung, hati, atau rabun mata," ujar Prof Eky S Soeria Soemantri, drg. Sp. Ortho, Ketua Asosiasi Fakultas Kedokteran Gigi Indonesia (AFDOKGI), ketika ditemui di sela-sela acara pengukuhan Bulan Kesehatan Gigi Nasional, Hotel Mulia.

Pada anak yang masih di usia pertumbuhan, kesehatan rongga mulut adalah sangat penting bagi tumbuh kembangnya. Jika terjadi infeksi pada rongga mulut, energi yang seharusnya digunakan untuk pertumbuhan akan terbagi dan digunakan untuk melawan infeksi yang terjadi.

Tidak hanya itu, asupan gizi yang masuk pun akan berkurang. "Gigi yang berlubang akan membuatnya tidak nafsu makan. Kalaupun makanan yang dimakan adalah makanan yang lezat dan bergizi, tidak akan diserap secara maksimal di dalam tubuh," ia menambahkan.

Pencabutan gigi susu diwaktu yang tidak tepat pun dapat memicu pertumbuhan gigi yang tidak rata. Menurutnya, gigi adalah sistem pencernaan pertama manusia. Jika terjadi kerusakan, maka makanan yang masuk tidak akan baik. "Dia akan memproduksi enzim lebih banyak yang lama kelamaan akan mengikis dinding usus dan dapat menyebabkan maag," ungkapnya.

Karena itulah, sangat penting peran orang tua dalam menanamkan budaya menjaga kesehatan mulut terhadap anaknya. "Ibu harus memperkenalkan budaya ini sedini mungkin. Ketika anak baru muncul gigi, bersihkan dengan cutton bud. Secara bertahap ajarkan menggunakan sikat gigi. Ia akan dengan mudah mengingatnya," ujar drg. Eky.

Namun sayangnya, banyak juga orang tua yang tidak mengerti pentingnya menjaga kesehatan mulut. Karena itulah, PT. Unilever Indonesia, Persatuan Dokter Gigi Indonesia (PDGI) dan AFDOKGI kembali menyelenggarakan Bulan Kesehatan Gigi Nasional (BKGN) dari 12 September hingga 29 Oktober.

Menurut drg. Zaura Anggraini, MDS, Ketua Pengurus Besar PDGI, tanggal 2 september dipilih karena merupakan hari kesehatan dunia dan akan dicanangkan sebagai hari kesehatan gigi Nasional.

"Untuk menanamkan budaya menjaga kesehatan mulut, Di sana (BKGN) masyarakat tidak hanya mendapatkan pemerikasaan gigi gratis tetapi juga edukasi mengenai seberapa penting menjaga kesehatan rongga mulut," ujar drg. Ratu Mirah Afifah, GCClinDent., MDSc, Profesional Relationship Oral Care PT Unilever Indonesia, Tbk.

Mengunjungi dokter gigi 6 bulan sekali adalah salah satu langkah yang dianjurkan menjaga kesehatan rongga mulut, selain menyikat gigi secara rutin. "Ini adalah langkah preventif yang dapat dilakukan masyarakat. Karena, biasanya mereka enggan ke dokter gigi karena takut dan mahal. Sedangkan, kami berusaha menyediakan fasilitas perawatan yang menyenangkan secara gratis dan juga penuh dengan edukasi," ujar drg Eky.
Drg Zaura Anggraini pun menganjurkan untuk membawa anak ke dokter gigi sebelum terjadi kerusakan gigi. Selain untuk menanamkan budaya kebersihan mulut, juga sebagai tindakan pencegahan mengingat kesehatan rongga mulut pada anak yang berada di usia tumbuh kembang sangat penting. "Bawalah anak ke dokter gigi sebelum ada penyakit.Ada atau tidaknya lubang, sekecil apapun lubang, anak harus terbiasa bertemu dokter gigi agar tidak takut dikemudian hari," ujarnya.

BKGN 2011 adalah acara untuk mengulang kesuksesan BKGN 2010. BKGN 2010 mendapat tanggapan positif dari masyarakat, hampir 20 ribu masyarakat mendapatkan perawatan di 13 FKG yang menyediakan 2600 tenaga kesehatan gigi. Tahun ini, BKGN akan melibatkan 14 FKG dan berharap akan ada peningkatan jumlah pasien baik dari yang tahun lalu sudah pernah mengunjungi, maupun masyarakat yang baru mengunjungi.

Drg Eky pun menambahkan bahwa masyarakat tidak perlu khawatir mengunjungi FKG yang notabene tempat praktek dokter-dokter gigi baru. "Mereka itu diawasi dengan ketat. Mereka belajar di preklinik, sebelum masuk klinik di tes. Jika lulus baru mereka boleh masuk klinik. Pengawasannya cukup ketat," ujarnya. (umi)

Ditemukan, Katak Bertaring di Sulawesi

Ada 13 spesies katak bertaring yang ditemukan. Di antaranya belum dideskripsikan sains.


Katak bertaring (Rafe M Brown)
 
VIVAnews - Sekali lagi, Nusantara menunjukkan kekayaan hayatinya. Tim ilmuwan dari Kanada menemukan hewan unik di Pulau Sulawesi: katak bertaring.
Ben Evans, ahli zoologi dari McMaster University, Hamilton, Ontario -- bersama dengan koleganya dari Indonesia dan Amerika -- menemukan 13 spesies katak bertaring di Sulawesi. Temuan ini lebih banyak dari yang pernah ditemukan di Filipina sebelumnya.

Di antaranya adalah spesies yang belum pernah dideskripsikan oleh sains. Penemuan ini dilaporkan dalam jurnal The American Naturalist, edisi Agustus.

Katak bertaring masuk dalam genus Limnonectes -- penamaan ditujukan pada dua tonjolan tulang rahang di rahang bawah mereka. Meski mirip taring, sejatinya tonjolan itu bukanlah gigi. Sebab, mereka tidak memiliki akar dan karakteristik gigi.

Evan mengatakan, para ilmuwan hingga saat ini tidak yakin untuk apa taring tersebut digunakan. Namun, diduga kuat itu digunakan sebagai senjata antar pejantan untuk memperebutkan wilayah. Mungkin juga digunakan menangkap mangsa seperti ikan, katak lain, berudu atau serangga. Atau, mempertahankan diri dari predator. "Tapi kami belum pernah melihat mereka menggigit siapapun," kata Evans.

Katak bertaring di Sulawesi menunjukkan variasi adaptasi katak di pulau yang terdiri dari banyak pegunungan, dengan lingkungan dan iklim mikro yang beragam -- dari terbasah hingga paling kering di Indonesia. Juga lingkungan vegetasi bervariasi yang harus diadaptasi.

Beberapa spesies katak bertubuh sangat besar dengan kaki berselaput, menyesuaikan dengan tempat hidup mereka, sungai beraliran deras. Lainnya, bertubuh kecil dengan semacam anyaman di kaki mereka, menyesuaikan dengan tempat hidup mereka di darat.

Beberapa katak membiakkan telur mereka secara internal --  bertelur jauh dari tepi air dan mengawasi mereka sampai berudu berkembang seperti kapsul jeli.

"Penemuan ini adalah contoh mengejutkan tentang bagaimana spesies mungkin akhirnya menggunakan taktik serupa untuk bertahan hidup dan diversifikasi jika ada kesempatan," kata Evans.

Para peneliti menghabiskan waktu bertahun-tahun, menyusuri sungai di hutan Sulawesi di malam hari. Mereka menghadapi risiko bertemu dengan ular berbisa dan ular kobra -- demi bisa menangkap katak unik ini dengan tangan.

Secara keseluruhan, mereka menangkap 683 katak yang kemudian dianalisis. Mereka juga memetakan distribusi katak, sekaligus membandingkan katak-katak tersebut dengan lingkungan mereka.

Evans mengatakan, para peneliti mencoba mendapatkan sampel katak di hutan yang belum tersentuh penebangan yang makin intensif di Pulau itu. Ada banyak hutan tempat kami mengambil sampel yang kemudian hilang ketika kami mengunjunginya beberapa tahun kemudian."

Hingga saat ini belum ada spesies yang ditemukan yang punah. Namun, ia yakin, penyebaran katak telah jauh berkurang. (sumber: CBC News, umi)

Sejam Nonton Televisi Kurangi Usia 22 Menit

Menonton televisi adalah perilaku paling pasif, sama seperti duduk di kendaraan.


Menonton televisi (Corbis)

VIVAnews - Berapa jam dalam sehari Anda habiskan untuk menonton televisi atau bermain game? Hati-hati, menghabiskan waktu berjam-jam di depan layar sama berbahayanya dengan merokok dan memiliki kelebihan berat badan. 

Penelitian terbaru menemukan, orang dewasa yang menghabiskan enam jam sehari di depan layar beresiko meninggal lima tahun lebih cepat daripada mereka yang lebih aktif. Perilaku ini, menurut peneliti, harus dilihat sebagai masalah kesehatan masyarakat.

Para ahli dari Universitas Queensland, Australia, menulis, "Waktu menonton televisi mungkin memiliki konsekuensi kesehatan yang merugikan dan menyaingi kekurangan fisik, obesitas, dan merokok. Setiap satu jam menonton televisi, dapat mempersingkat hidup 22 menit."

Mengacu pada pedoman kesehatan di Australia dan Amerika yang menyarankan anak-anak tidak boleh menonton televisi lebih dari dua jam, akademisi menyimpulkan, "Orang dewasa juga perlu membatasi waktu menonton televisi."
Sebuah artikel yang diterbitkan dalam British Journal of Sports Medicine, Dr J Lennert Veerman dan koleganya melihat hasil survei terhadap 11.247 warga Australia yang diambil pada tahun 1999-2000. Mereka ditanya tentang waktu yang dihabiskan menonton televisi, dan angka kematian secara nasional.

Para ahli membangun sebuah model yang membandingkan harapan hidup untuk orang dewasa yang menonton televisi dan mereka yang tidak. Para peneliti mengatakan, menonton televisi adalah salah satu bentuk perilaku paling pasif, sama seperti duduk dalam kendaraan.
"Menonton televisi sudah menjadi bagian penting di waktu luang orang dewasa. Efeknya secara signifikan mempengaruhi kesehatan masyarakat secara keseluruhan," ujarnya kepada Telegraph.

Chief Medical Officer di Inggris, Sally Davies, mengatakan, "Aktivitas fisik memiliki manfaat besar. Sedikit aktivitas fisik akan memengaruhi kesehatan dan memiliki risiko tambahan."

Maureen Talbot, perawat jantung senior di British Heart Foundation, mengatakan, "Perilaku pasif di depan TV, secara praktis telah menjadi budaya bersantai untuk sementara. Tapi studi ini mendukung terlalu banyak menonton televisi dapat berdampak buruk bagi kesehatan."

"Banyak yang berhenti merokok karena mengetahui dampak buruknya. Studi menunjukkan, kita harus mengubah kebiasaan menonton televisi yang terlalu banyak."

Menurutnya, aktif bergerak seperti jalan bukan naik kendaraan, menggunakan tangga dan bukan lift, olahraga, melakukan aktivitas rumah tangga hingga hobi berkebun akan membuat tubuh sehat dan fit.

Kelelawar Vampir Juga Bisa Berlari

Lari kelelawar vampir bisa mencapai kecepatan 5,4 mil per jam (atau 2,4 meter per detik).


kelelawar vampir bisa berlari (livescience.com)

VIVAnews - Selama ini kelelawar dikenal sebagai hewan yang bisa terbang dan menghisap darah. Tapi, kelelawar penghisap darah ini juga memiliki kemampuan untuk berlari di atas tanah. Ini menjadikan kelebihan bagi kelelawar vampir dalam mengincar mangsanya.
Penelitian juga menemukan kalau kelelawar ini bisa berlari dengan empat 'kaki', yang terdiri dari dua kaki dan dua tangan yang bisa dikembangkan menjadi sayap.
Kelelawar merupakan satu-satunya mamalia yang bisa terbang. Selama ini, peneliti berpikir kelelawar berhenti berlari sejak lama, sebagai hasil dari proses evolusi yang dilakukan. Andai terlihat seperti berlari, itu pun hanya seperti ikan yang 'melompat' keluar dari air.

Peneliti dari Cornell University, Daniel Riskin, mengatakan kemampuan kelelawar vampir ini berguna untuk mengejar hewan yang tergolong kecil. Jenis hewan ini adalah hewan cepat yang tak duduk, termasuk saat makan. 

Masalahnya, secara umum kelelawar vampir ini sudah jarang mengejar hewan kecil. Sebagai gantinya, kelelawar vampir ini lebih memilih hewan ternak, terutama yang tersebar dari Meksiko hingga Argentina dan Chili, dalam beberapa ratus tahun terakhir.

Di laboratorium, Riskin mengatakan, kelelawar vampir ini menjadikan semua hewan sebagai mangsa yang dihisapnya. Namun, di alam bebas, kelelawar ini lebih memilih sapi. Biasanya, sapi-sapi ini diincar pada malam hari, yang merupakan waktu tidur untuk hewan ternak.

"Sapi merupakan mangsa yang termuda," ucap Riskin, seperti dikutip dari laman Live Science.

Kemampuan berlari kelelawar vampir ini tidak begitu berguna untuk menyergap sapi tidur. Ini juga yang menyebabkan peneliti tidak memperhatikan mengenai kemampuan berlari kelelawar ini.

Peneliti telah mengetahui bahwa kaki kelelawar vampir lebih kuat dibanding jenis kelelawar lain. Kekuatan kaki ini yang menyebabkan kelelawar ini juga mampu merayap dan melompat. Seperti yang dimuat di jurnal Nature 17 Maret lalu, Riskin menulis: "Kelelawar vampir (Desmodus rotundus) bisa berjalan maju, menyamping, mundur, dan mulai terbang dengan lompatan vertikal."

Melihat kemampuan itu, peneliti pun lalu menguji kemampuan berlari kelelawar dan berupaya mendokumentasikannya. Kelelawar itu kemudian ditempatkan di sebuah sangkar Plexiglas dengan sebuah treadmill.

Dalam kecepatan awal, kelelawar ini berjalan dengan kecepatan yang sama seperti tikus. Namun, saat treadmill terus berjalan, kelelawar itu pun ikut menambah kecepatannya. Tercatat setidaknya kelelawar ini memiliki kemampuan berlari 2,7 mil per jam (atau 1,2 meter per detik).

"Kelelawar yang memiliki sedikit ruang untuk manuver bisa bergerak dua kali lebih cepat," kata Riskin. Ini berarti, kelelawar vampir bisa mencapai kecepatan 5,4 mil per jam (atau 2,4 meter per detik).

Peneliti menyebut kemampuan gerak kelelawar itu berlari. Sebab, "itu memiliki fase aerial."

Dengan kemampuan gerak yang hanya digunakan untuk memangsa ternak, Riskin kemudian menganggap kelelawar berevolusi terlalu cepat. "Seperti mereka didesain untuk mengejar mobil balap, namun mereka menggunakannya untuk mengejar bus sekolah."

Walau memiliki tubuh hanya seukuran jempol orang dewasa, namun bentangan kelelawar vampir bisa mencapai 8 inci. Selama ini, kelelawar vampir menjadikan kuda, babi, juga burung sebagai mangsa. Namun, jenis Desmodus rotundus lebih doyan memangsa sapi.

Kelelawar merupakan hewan yang memiliki sensor panas untuk mengetahui letak nadi. Karena itu, dengan giginya yang tajam, darah pun secara otomatis terhisap, tanpa harus disedot secara mendalam. (umi)

Udara Dingin Bisa Memicu Amarah


Suhu dingin juga membuat pekerja kurang produktif.


Udara dingin (dok. Corbis)

VIVAnews - Ruang kantor tak akan pernah lepas dari penyejuk udara. Bahkan, kerap kali penyejuk udara dibuat sangat dingin untuk mencegah panas di luar masuk ke dalam ruangan. Namun, tahukah Anda, kalau ruangan terlalu dingin dapat memicu amarah, kurangnya konsentrasi, bahkan turunnya produktivitas.

Hal ini menurut sebuah survei yang dilakukan uSwitchforbusiness.com. Diketahui kalau tiga per empat responden mengatakan suhu yang terlalu dingin mengarah pada munculnya lebih banyak argumen dibandingkan suhu ideal.

Hampir sembilan dari sepuluh keluhan yang muncul di kantor terjadi akibat suhu ruangan yang terlalu dingin. Banyak yang mengatakan bahwa suhu tersebut membuat mereka kurang produktif.

Hampir 47 persen percaya bahwa penyejuk udara menyebarkan penyakit. Lalu, hampir tujuh berbanding delapan atau sekitar 68 persen mengatakan lebih memilih udara segar di luar ruangan.

"Bukannya mendinginkan suasana, suhu dingin dari penyejuk udara justru membuat munculnya banyak keluhan dan amarah," ujar James Constant, directur uSwitchforbusiness.com, dikutip Daily Mail.

Ia juga menambahkan bahwa, tiga perempat dari para pekerja menderita 'tipuan kemarahan udara'. Penelitian ini bisa jadi pertimbangan perusahaan apakah membuang uang terlalu banyak untuk penyejuk udara ketika para pekerja merasa kedinginan atau tidak.

Hormon Pengaruhi Penampilan Wanita

Estrogen mempengaruhi wanita di usia yang lebih belia


remaja putri di masa pubertas (inmagine)

VIVAnews - Saat ini banyak remaja di dunia usia belia berpenampilan tidak sesuai usia mereka. Mereka berdandan layaknya wanita dewasa di usia yang baru belasan tahun.
Sering kali hal ini membuat orang tua khawatir akan perkembangan mereka. Apalagi, perkembangan informasi dapat dengan mudah memengaruhi mereka.

Namun, tahukah Anda ada faktor hormonal yang dapat menjelaskan fenomena ini. Menurut sebuah penelitian terbaru, ketika berovulasi wanita cenderung ingin berpenampilan menarik.

Jika Anda memiliki anak remaja putri, Anda akan mengetahui seberapa sulitnya mengatur cara berpakaian mereka agar terlihat sopan dan sesuai usia mereka.

Dalam buku 'The Female Brain' yang ditulis oleh Louann Brizendine, M.D., diketahui bahwa lonjakan estrogen menyebabkan penampilan wanita muda ditujukan untuk menarik perhatian pria. Hormon juga dapat mendorong mereka memerhatikan penampilan mereka sehingga mereka terdorong untuk berdandan, bertingkah seperti yang paling gaul dan stylish, atau bahkan bertingkah layaknya film Mean Girls.

"Hormon yang memengaruhi respon mereka terhadap stres sosial akan melonjak tinggi sehingga mereka akan lebih sering bereksperimen pada penampilan dan terlihat lebih sering memandangi pantulan diri mereka pada cermin," ujarnya, dikutip dari YouBeauty.com.

Selain itu, penelitian juga menunjukkan bahwa wanita yang sedang berovulasi cenderung menggunakan pakaian yang lebih menarik. Menurut Sarah Hill, Ph.D., professor psikologi dari Universitas Texas Christian, mereka akan lebih banyak menghabiskan uang mereka untuk pakaian dan aksesoris seksi seperti blouse ketat, atau high heels. "Mereka bahkan menghabiskan lebih banyak waktu berdandan di depan cermin," ia menambahkan.

Sebuah penelitian di tahun 2006 yang meneliti terkait hormon dan perilaku menemukan bahwa wanita akan memakai pakaian yang lebih feminin selama ovulasi.

Untuk wanita dewasa yang hampir menginjak masa menopause, tingkat estrogen dan testosteron melonjak sebelum terjadinya ovulasi, sedangkan remaja terlihat lebih konstan. Jika wanita dewasa merasa bergairah sebulan sekali, remaja akan merasakannya sepanjang waktu.
Tidak hanya itu, persaingan antar wanita pun secara tidak langsung membuat mereka lebih banyak berdandan. Sebuah studi mengatakan bahwa selama ovulasi, mahasiswi berpikir banyak mahasiswi menarik lainnya di kampus yang mengakibatkan mereka lebih meningkatkan penampilan.

Hormon memang berpengaruh banyak, tetapi penampilan dewasa pada remaja juga dipengaruhi oleh tingkat kepercayaan diri yang mereka miliki.

Penelitian yang dilakukan oleh Sarah Hill menunjukkan bahwa kepercayaan diri wanita menurun selama ovulasi. Sarah Hill juga mengungkapkan bahwa semakin besar penurunan tingkat kepercayaan diri seseorang, maka akan semakin besar juga fokus mereka terhadap peningkatan penampilan.

Penurunan kepercayaan diri dikombinasikan dengan dorongan hormon seks akan membuat penampilan mereka jauh lebih dewasa dari usia mereka. "Wanita cenderung merasa kurang puas akan diri mereka sendiri sehingga mereka lebih berusaha menarik perhatian lawan jenis dengan cara berdandan berlebihan," ujarnya. (eh)

Agar Rambut Indah Bebas Polusi

Memakai sampo dan kondisioner secara teratur, belum cukup mengembalikan kesehatan rambut.

rambut indah (inmagine)

VIVAnews - Polusi yang ada di sekitar Anda tidak hanya mengganggu kesehatan, tetapi dapat merusak keindahan rambut. Pencemaran udara dari sinar matahari, debu dan asap dapat menghilangkan kilau rambut dan membuatnya kusam.  

Tidak hanya itu, akibat polusi, rambut juga akan terasa kering. Hal ini, tentu saja akan mengganggu penampilan Anda secara keseluruhan.

Sayangnya, pemakaian sampo dan kondisioner secara teratur, belum cukup mengembalikan kesehatan kulit kepala dan rambut. Anda perlu melakukan beberapa tindakan pencegahan untuk menjaga rambut agar tetap sehat, mengkilap, dan indah.

Berikut lima caranya, seperti dikutip dari Idiva.

1. Gunakan scarf atau topi

Scarf dapat membantu melindungi rambut Anda dari sinar matahari. Sinar matahari dapat merusak kutikula rambut bagian luar, sehingga akan terlihat kusam. Gunakan scarf atau topi jika Anda beraktivitas di luar ruangan. "Hal ini sangat penting untuk mencegah hilangnya tekstur halus rambut," kata pakar rambut, Nikita Jain.

2. Hindari menggunakan minyak rambut saat keluarJangan aplikasikan minyak pada rambut Anda lebih dari satu jam. Semakin lama rambut Anda berminyak, semakin akan sulit untuk menghilangkannya. Selain itu, penggunaan minyak rambut atau kosmetika rambut yang mengandung minyak akan membuat lebih banyak debu menempel di rambut Anda. Dan, dibutuhkan sampo ekstra untuk membersihkannya.

3. Ikat rambutUntuk mencegah rambut semakin kusut dan berantakan, sebaiknya ikat rambut Anda. "Jika Anda mengikatnya, akan membantu melindungi rambut dari kerusakan," kata Jain.

4. Gunakan tabir surya khusus rambut

Seperti kulit, rambut juga membutuhkan tabir surya. Untuk rambut, tabir surya semprot akan lebih mudah dipakai. Semprotkan tabir surya pada rambut Anda sebelum  aktivitas di luar ruangan. Hal ini akan melindungi rambut dari kerusakan akibat sinar matahari dan mencegah rambut rontok. Rambut akan lebih mengkilap dan memiliki tekstur yang baik.

Menyemprotkan kondisioner pada rambut juga efektif melindungi rambut dari sinar matahari.

5. Steam rambut

Rawat rambut dengan menguapinya (steam) secara teratur, setidaknya sekali seminggu. Tak perlu ke salon, Anda dapat melakukannya sendiri di rumah.

Caranya sederhana, basahi rambut dengan air hangat, lalu letakkan handuk di atas kepala Anda untuk mendinginkannya lagi. Ulangi proses ini.

"Ini membantu membuka pori-pori kepala dan meningkatkan sirkulasi darah. Dengan perawatan ringan ini, Anda akan memiliki rambut yang indah setiap hari," kata Jain.

Tujuh Langkah Membersihkan Wajah

Meski rutin menbersihkan wajah, kerap caranya keliru.


membersihkan wajah (Corbis)

VIVAnews - Kulit wajah masih bermasalah padahal Anda tidak pernah melewatkan rutinitas membersihkan wajah? Mungkin  selama ini Anda masih membersihkannya dengan cara yang salah.
Agar kulit Anda bersih sempurna, lakukan langkah membersihkan wajah dengan benar dari Dr David Bank, President of the New York State Society for Dermatology and Dermatologic Surgery, dikutip dari situs Glam.

1. Pastikan tangan bersih

Mungkin tidak pernah terpikirkan oleh Anda bahwa tangan yang kotor pada saat memberihkan wajah dapat memberikan dampak negatif pada kulit wajah Anda. Jangan sampai kotoran dan bakteri pada tangan pindah dan masuk ke pori-pori kulit wajah. Jadi mulailah membersihkan wajah dengan tangan yang bersih.

2. Hapus make up
Menggunakan sabun atau cleansing milk saja tidak cukup untuk membersihkan sisa-sia make up. Gunakan make up remover, minyak zaitun, atau baby oil untuk membersihkannya secara menyeluruh.

3. Tidak terlalu panas

Gunakan air hangat untuk melonggarkan kotoran dan membuka pori-pori sehingga dapat dengan mudah terangkat. Namun, pastikan bahwa air yang Anda gunakan tidak terlalu panas. Karena, air yang terlalu panas dapat merusak pembunuh kapiler pada wajah.

4. Aplikasikan produk pembersih dengan benar
Sebelum mengaplikasikannya pada wajah, taruh pada telapak tangan dan gosokkan. Jika, Anda menggunakan sabun sebagai pembersih pastikan aplikasikan pada wajah ketika sabun sudah berbuih.

5. Pijat dengan gerakan memutar
Lakukan dengan gerakan pijat berputar. Gerakan berputar akan menstimulasi aliran darah dan oksigen ke wajah Anda. Bersihkan hingga ke leher Anda.

6. Bilas perlahan

Percikkan air hangat pada wajah tanpa menggosoknya. Hal ini akan menghapus sisa pembersih tanpa menyebabkan iritasi.

7. Tepuk-tepuk perlahan

Untuk mengeringkan wajah Anda, gunakan handuk bersih. Jangan pernah menggosokkan handuk pada wajah Anda, melainkan tepuk-tepuk handuk pada wajah yang basah agar tidak terjadi iritasi. Biasakan untuk membersihkan handuk setiap kali penggunaan untuk mencegah penumpukkan bakteri pada handuk yang bisa berpindah ke kulit Anda. (eh)

Inilah yang Bikin Wanita Merasa Seksi

Hanya tujuh persen wanita yang merasa seksi setiap hari dalam hidup mereka.


wanita cantik (inmagine.com)

VIVAnews - Wanita memiliki banyak cara untuk merasa cantik dan seksi. Dari menggunakan lipstik dan cat kuku berwarna merah, hingga mengenakan gaun mini dan perhiasan. Sebuah penelitian terbaru mengungkapkan 20 trik wanita untuk merasa cantik dan seksi.

Menurut penelitian yang dilakukan oleh Superdrug kepada wanita-wanita Inggris ini, menyemprotkan parfum favorit menempati peringkat pertama dalam daftar tersebut. Selain itu, mendapatkan tatanan rambut terbaru juga menempati peringkat teratas hal yang wajib dilakukan wanita untuk merasa cantik dan seksi.

Para wanita juga sangat menyukai berendam di dalam bak air hangat, memamerkan kaki terawat mereka, mengenakan push up bra untuk merasakan kesenangan terbaik dari aset mereka. Tidak hanya itu, hal ini juga dilakukan untuk memperbaiki mood mereka yang tak menentu.

"Jejak pendapat ini jelas menunjukkan bahwa sementara para wanita mengetahui persis apa yang harus mereka lakukan untuk merasa seksi, mereka secara jelas tidak melakukannya sesering mungkin," ujar Sara Wolverson, Direktur Kecantikan Superdrug, dikutip Daily Mail.

Menurutnya, mempertahankan penampilan memerlukan waktu yang tak sedikit, sedangkan wanita sibuk tidak memiliki banyak waktu untuk selalu melakukan perawatan. "Namun, dengan sedikit usaha seperti menyemprotkan parfum dan memasang bulu mata palsu, serta menyunggingkan senyum lebar sudah cukup untuk merasa percaya diri dan luar biasa," ia menambahkan.

Survei ini menemukan, lebih dari setengah dari responden menganggap parfum sederhana membuat mereka lebih percaya diri, dan lebih dari sepertiga mengatakan warna dan model rambut membuat mereka merasa seksi.

Survei ini juga mengungkapkan bahwa wanita merasa lebih seksi jika mereka menghabiskan berjam-jam untuk bersiap untuk pergi, dengan 33 persen lebih memilih untuk menikmati mandi air hangat sebelum berdandan.

Sedangkan, berolahraga membantu 19 persen wanita merasa seksi, dan 46 persen merasakan daya tarik seksual mereka terpancar dari senyum manis.

Namun sayangnya, hanya tujuh persen dari responden yang mengaku merasa
seksi setiap hari dalam hidup mereka.

Berikut daftar peringkat yang dilakukan wanita untuk merasa seksi dan cantik.

1. Menyemprotkan parfum favorit
2. Memamerkan senyum manis
3. Menggunakan cat kuku menggoda
4. Mengganti model dan warna rambut
5. Menghabiskan berjam-jam untuk meluruskan rambut
6. Mengenakan pakaian berleher rendah
7. Menikmati berjam-jam mandi air hangat
8. Menggunakan rok mini untuk memamerkan kaki terawatnya
9. Mengenakan push up bra
10.Pedicure
11.Menggunakan riasan mata
12.Olahraga
13.Berjam-jam mengeriting rambut
14.Menggunakan lipstik merah
15.Mengenakan atasan yang ketat
16.Waxing
17.Tanning
18.Menggunakan bulu mata palsu
19.Mengenakan rok pendek
20.Menggunakan perhiasan (eh)

Flashback: Foto sepasang naga Kutai yang menggemparkan warga

Lebih dari satu tahun yang lalu, kompas.com memuat sebuah berita (yang diambil dari tribun kaltim) mengenai penampakan sepasang naga/ular raksasa di wilayah Kutai Barat. Berita ini disertai sebuah foto.


Pada hari ketika berita itu dimuat kompas.com, seorang pembaca mengirim sebuah email mengenai hal ini dan meminta saya untuk mempostingnya. Ketika saya membaca berita tersebut dan melihat foto yang disertainya, saya tidak terkesan sama sekali karena bagi saya foto itu jelas terlihat seperti sebuah karya photoshop. Jadi, saya tidak punya niat untuk mempostingnya.

Namun masalahnya adalah, setelah lebih dari satu tahun, saya masih saja menerima pertanyaan mengenai foto ini. Jadi untuk menjawab pertanyaan sebagian pembaca yang masih penasaran, saya akan mengomentari foto tersebut dengan menyertakan alasan mengapa saya percaya kalau foto tersebut adalah sebuah rekayasa.

Bagi kalian yang belum pernah mendengar berita ini, berikut cuplikan dari kompas.com tanggal 5 Februari 2010. Kompas mengambil berita ini dari kaltim.tribun.co.id yang masih merupakan media grup Kompas.
KOMPAS.com — Masyarakat Kutai Barat (Kubar), khususnya warga Mahakam Ulu, digemparkan kemunculan sepasang ular raksasa sebesar drum atau berdiameter sekitar 60 sentimeter dengan panjang sekitar 40 meter. Ular raksasa itu terlihat meliuk di permukaan air di Riam Haloq, Kampung Long Tuyoq, Kecamatan Long Pahangai.

Ular raksasa yang melintas di sungai itu diyakini masyarakat Suku Dayak sebagai naga. Berdasarkan informasi yang dihimpun Tribun, sebenarnya peristiwa kemunculan naga terjadi Jumat (29/1/2010).


Saat itu sebuah longboat berangkat dari Long Bagun menuju Long Pahangai. Longboat tiba siang hari di Kampung Long Tuyuq, hulunya Riam Haloq. Saat itulah motoris dan penumpang longboat melihat sepasang ular raksasa melintas di permukaan Sungai Mahakam dari arah berlawanan.


Begitu mengetahui sepasang naga lewat, motoris langsung menepikan longboat ke tepi sungai karena khawatir menjadi korban. "Ternyata kedua naga itu berjalan terus dan tidak merasa terganggu dengan kehadiran longboat," tutur Dodik, yang mendengar cerita dari keluarganya di Mahakam Ulu.


Setelah itu, motoris dan beberapa penumpang langsung mengambil gambar menggunakan ponsel berkamera karena menganggap itu sebuah momen langka. Di wilayah Kubar sendiri foto ular raksasa itu telah tersebar dan masyarakat menjadi heboh.

Ia menambahkan, sebelumnya di Long Tuyoq bahkan ada seorang warga dan anaknya yang sedang berburu babi melihat ular raksasa tersebut. Saking kagetnya, sang anak sampai tidak bisa berbicara hingga kini.

Sebelumnya, pada Februari 2009, Kalimantan juga bikin heboh dunia saat muncul sebuah foto udara yang memperlihatkan ular raksasa tengah melintas di sebuah sungai di Sarawak, Malaysia. Ular raksasa itu berenang di Sungai Baleh, Sibu, Serawak, bagian utara Kalimantan.

Sebuah foto ular raksasa terlihat berenang melenggak-lenggok di sebuah sungai tropis yang dikelilingi oleh hutan gambut. Ular berwarna hitam itu sangat besar, hampir memenuhi sungai yang terletak di tengah-tengah hutan rawa yang rimbun. Air beriak di kiri kanannya. Kabarnya, foto itu diambil dari sebuah helikopter, 11 Februari 2009.

Foto itulah yang menjadi perdebatan. Kalimantan memang memiliki ular-ular raksasa. Namun, selama ini ular yang besar yang baru ditemukan adalah sejenis sanca atau piton atau masyarakat Kalimantan menyebutnya ular sawah, yang panjangnya belasan meter.

Namun, ular yang terlihat di foto dan beredar luas di internet, termasuk Youtube, itu jauh lebih panjang dan besar dibandingkan dengan temuan piton. Diperkirakan panjangnya 100 kaki atau sekitar 33 meter.

Gambar tersebut diambil oleh anggota tim wilayah bencana banjir yang kemudian diterbitkan oleh Utusan Sarawak, sebuah koran lokal. New Straits Times di Kuala Lumpur juga memuat foto tersebut, yang kemudian dirilis oleh The Telegraph, Inggris.

Ada juga yang tidak memercayai foto itu dan menganggapnya rekayasa semata. Hal itu karena terlalu jauhnya pengambilan gambar ular tersebut. Benar atau tidak, foto itu sudah membuat masyarakat di sekitar Serawak, khususnya Sibu, ketakutan sebab sungai itu merupakan urat nadi transportasi masyarakat selama ini.
Saya merekomendasikan kalian untuk membaca berita tersebut secara penuh dengan mengklik link yang saya sertakan di atas.

Saya yakin, beberapa dari kalian yang melihat foto tersebut akan segera tertawa. Tidak heran, saya memang percaya ada orang yang memiliki kepekaan terhadap sebuah rekayasa, apalagi rekayasa yang "kasar".

Namun bagi kalian yang tidak memiliki kepekaan itu dan ingin mengetahui alasan yang lebih jelas, saya akan berikan tiga alasan mengapa saya yakin kalau foto tersebut adalah hasil rekayasa.

Alasan pertama adalah, adanya bekas-bekas sentuhan photoshop pada tubuh ular tersebut.

Bahkan jika kita hanya melihat dengan sekilas, kita bisa melihat adanya blur pada tubuh ular tersebut. Blur ini tidak terlihat pada kepala ular.

Ini wajar karena tubuh ular yang berada di dalam air akan lebih sulit direkayasa dibandingkan bagian kepala yang berada di atas permukaan air. Mungkin sang perekayasa menggunakan efek blur atau smudge pada photoshop untuk menciptakan efek riak air. Namun usaha ini tidak berhasil karena bagian tersebut terlihat tidak alami dan berbeda dengan sekitarnya.

Alasan kedua adalah, kesaksian yang meragukan.

Saya kutip:
"Menurut seorang warga Kampung Lutan, Kecamatan Long Hubung, sebenarnya ada dua naga yang terlihat. Satu naga diyakini berjenis jantan karena di kepalanya ada dua tanduk dan naga betina karena tidak ada tanduknya. Kedua binatang itu memiliki empat kaki, warna kulit hitam dengan panjang sekitar 40 meter dan diameter tubuh sekitar 60 sentimeter."
Menurut kesaksian seorang warga, ada dua naga yang terlihat dan masing-masing memiliki empat kaki.

Agak mengherankan jika disebutkan ada dua naga yang terlihat sedangkan hanya ada satu naga di dalam foto.

Namun, anggaplah kalau kedua naga ini memang tidak saling berdampingan. Naga jantan yang bertanduk berada jauh di depan sehingga tidak terpotret. Kalau begitu, pertanyaannya selanjutnya adalah:

"Bagaimana para saksi bisa mengetahui kalau naga itu memiliki empat kaki?"

Bukankah kaki mereka berada di dalam air yang coklat berlumpur?

Bagaimana cara mereka melihatnya?

Apakah naga tersebut sempat berenang dengan gaya punggung?


Lalu, mungkin dari kalian ada yang berargumen: "Bisa saja kesaksian dan foto itu tidak saling berhubungan. Foto itu benar diambil di Riam Haloq, sedangkan kesaksian yang dikutip kompas.com merujuk ke naga yang lain."

Memang benar, bisa seperti itu. Namun sang wartawan mengindikasikan kalau keduanya saling berhubungan. Bukankah begitu?

Alasan ketiga adalah, posisi kepala sang naga.

Salah satu alasan mengapa saya langsung menganggap foto ini hasil rekayasa adalah karena posisi kepala ular yang tidak alamiah (selain karena bentuk kepalanya yang lebih menyerupai bebek ketimbang naga).

Posisi yang tidak alamiah ini mungkin disebabkan oleh dua hal, yaitu ingin menciptakan "efek ular" atau ingin menciptakan "efek monster danau".

Yang saya maksudkan dengan efek ular adalah posisi seperti kobra yang siap menyerang. Jika ia membuat foto dengan kepala seperti itu, orang yang melihatnya akan langsung teringat dengan ular.

Sedangkan efek monster danau adalah usaha untuk mengasosiasikan makhluk tersebut dengan monster danau yang paling terkenal di dunia, yaitu Nessie.

Nessie sendiri adalah monster danau yang paling terkenal di dunia yang dipercaya hidup di Danau Ness (Lochness), Skotlandia.

Imajinasi orang mengenai rupa makhluk ini dibentuk oleh foto yang disebut Surgeon Photo.

Walaupun foto ini terbukti hoax, namun masyarakat dunia terlanjur mengasosiasikan monster danau dengan leher panjang yang menjulur keluar dari air sehingga foto-foto hoax monster danau berikutnya selalu dibuat dengan posisi kepala dan leher seperti ini.

Masalahnya adalah, posisi leher dan kepala Nessie pada Hoax Surgeon Photo lebih masuk akal karena Nessie dipercaya sebagai Plesiosaurus.

Dalam kasus kita kali ini, makhluk yang dibicarakan adalah seekor ular/naga sehingga posisi leher atau kepalanya menjadi tidak tepat.
Berikut ini adalah contoh posisi kepala ular yang berenang di air.

Ular tidak pernah berenang dengan posisi kepala 90 derajat dengan permukaan air.

Pernahkah kalian menyaksikan sebuah film dokumenter mengenai ular?

Ketika ular itu bergerak/merayap, bagaimana posisi kepalanya?

Tentu saja sejajar dengan tanah.

Sama halnya dengan ketika ia berenang. Ia hanya memunculkan kepalanya sedikit untuk bernafas.

Menariknya, artikel ini juga menyebutkan mengenai adanya foto ular sepanjang 33 meter di utara Kalimantan yang didapat tahun 2009.

Mengenai foto-foto ini, saya sudah pernah mempostingnya. Ini juga hoax. Kalian bisa membacanya disini: Rekayasa Ular Raksasa Borneo.

Paling tidak, perekayasa foto ular sepanjang 33 meter tersebut membuat posisi kepala ular dengan benar. Mungkin karena ia merekayasanya dengan meniru gerakan ular yang asli.

Itulah tiga alasan mengapa saya menganggap foto itu sebagai sebuah rekayasa.

Sekarang pertanyaan berikutnya adalah, dari mana kompas.com mendapatkan foto tersebut?

Karena kompas.com menyebutkan sumber berita tersebut adalah tribun kaltim, maka masuk akal jika mereka mendapatkannya dari media tersebut. Saya berusaha menemukan berita awalnya di tribun kaltim dengan mengikuti beberapa link yang dicantumkan blog dan situs yang memuat berita ini, namun sayangnya, berita mengenai sepasang naga ini sudah lenyap dari situs tersebut.
Berita ini juga lenyap dari tribun palembang.

Beberapa media berita memang sering mengarsip berita yang sudah cukup lama untuk menghemat biaya. Namun untuk media sebesar tribunnews, agak mengherankan kalau berita yang baru berumur 1,5 tahun sudah masuk ke dalam arsip. Atau mungkin berita tersebut memang sengaja dihapus.

Tribun Banjarmasin
masih memuat berita tersebut. Namun mereka tidak menyertakan foto.
Mungkin mereka pun merasa aneh dengan foto tersebut.

Benar-benar foto yang misterius!
Bukankah begitu?

Nah, sebelum saya akhiri, saya ingin menegaskan kalau saya TIDAK beranggapan ular raksasa itu tidak ada. Yang saya tolak adalah keabsahan foto yang satu ini.

Lalu, percayakah saya dengan keberadaan ular raksasa di Kutai?

Saya tidak mengatakan kalau ular raksasa pasti ada di Kutai karena saya belum pernah memeriksa kota Kutai secara keseluruhan. Namun saya tidak heran kalau di dunia ini ada ular raksasa sepanjang belasan atau puluhan meter. Apalagi untuk Kutai yang terbiasa dengan buaya sepanjang 6 meter.

Fenomena misterius di langit Xian - UFO, Naga atau sesuatu yang lain?

Pada tanggal 1 September 2010, sesuatu yang menarik terjadi di langit kota Xian, Cina.


Pada tanggal itu, cahaya-cahaya putih misterius terlihat bergerak menari-nari di langit Xian yang gelap. Awan gelap yang menggantung pada saat itu menambah kadar kemisteriusannya.

Fenomena yang luar biasa ini disaksikan oleh ratusan orang dan diberitakan oleh media-media setempat.

Sebagian orang beranggapan kalau cahaya itu adalah armada UFO yang sedang berkeliaran di balik awan. Sebagian lain beranggapan kalau seekor naga mistik sedang terbang di balik awan kota Xian.

Bagi saya sendiri, ketika menyaksikannya, saya segera teringat dengan sebuah adegan di film-film horor dimana roh-roh jahat terlihat melayang-layang di angkasa.

Mungkin kalian punya pendapat yang berbeda.

Peristiwanya terjadi pada tanggal 1 September 2010 sekitar pukul 21:10 di barat daya kota Xian.

Deskripsi pada video youtube yang dikuti dari harian China Daily menyebutkan:
Di langit yang berawan, tiba-tiba muncul sekitar 8 atau 9 bulatan bercahaya yang kemudian membentuk tiga kelompok. Masing-masing kelompok bergerak membentuk lingkaran. Lima menit kemudian, bulatan-bulatan tersebut memecah dan membentuk dua kelompok. Masing-masing kelompok membentuk sebuah garis yang memotong kelompok lain hingga akhirnya membentuk huruf X di langit malam.

Beberapa detik kemudian, sebagian besar bulatan terlihat semakin terang. Lalu, bulatan-bulatan itu kembali memisahkan diri dan kembali membentuk pola seperti tadi.

Banyak penduduk Xian menyaksikan peristiwa tersebut yang terjadi tepat di atas ruas jalan yang cukup ramai.

Salah seorang saksi bernama Mr.Jiang berkata: "Objek-objek itu tetap berkumpul dan terus bergerak. Ketika berpisah, mereka terbang paling jauh berjarak 100 meter satu dengan yang lainnya."

Saksi lain bernama Ms.Chan yang ikut menyaksikannya berkata: "Objek-objek tersebut berbentuk seperti naga dan banyak terekam oleh ponsel."
Berikut rekaman fenomena tersebut yang diambil dari pemberitaan salah satu stasiun televisi:

(link youtube)

Mungkin kita segera menyimpulkannya sebagai Hoax. Tetapi, ada rekaman lain yang memperlihatkan fenomena tersebut dengan lebih jelas:

(link youtube)

Untuk melihat signifikansi fenomena ini, kalian harus memutar rekaman tersebut. Namun bagi kalian yang tidak bisa memutarnya, ini screen shot dari rekaman pertama:


Dan ini screen shot dari rekaman kedua.

Jadi, fenomena apa yang sedang terjadi sebenarnya?

Awan tidak bergerak seperti itu dan secepat itu.

UFO
?

Naga?

Roh-roh jahat di udara?

Atau sesuatu yang lainnya?

Lampu sorotkah?

Jika kita melihat bagaimana cahaya itu menari-nari di langit, kita memang melihat kemiripannya dengan refleksi cahaya lampu sorot.

Jika sebuah lampu sorot ditembakkan ke langit dan membentur awan, ia akan membentuk bulatan bercahaya seperti foto di bawah ini.

Namun masalahnya adalah, pada kasus Xian kita tidak bisa melihat jalur cahaya vertikalnya sehingga penjelasan lampu sorot menjadi tidak mungkin. Lagipula agak aneh kalau kita beranggapan warga Xian tidak bisa mengenali cahaya lampu sorot ketika melihatnya.

Ada lagi yang beranggapan kalau cahaya tersebut mungkin berasal dari layang-layang berlampu atau helikopter. Namun cahaya pada rekaman tersebut terlihat seperti berasal dari balik awan dan rasanya mustahil ada layang-layang atau helikopter yang terbang melebihi ketinggian awan.

Yang lain lagi percaya kalau cahaya-cahaya tersebut adalah refleksi lampu mobil pada awan rendah. Ini pun terdengar cukup mustahil. Bagaimanapun rendahnya segumpal awan, sepertinya masih terlalu tinggi untuk bisa merefleksikan cahaya-cahaya dari bumi.

Jadi, darimanakah cahaya-cahaya misterius itu berasal?

Atau apakah identitas cahaya-cahaya itu sebenarnya?

Bagaimana pendapat kalian?

Munculnya UFO di atas gedung BBC London - Rekayasa?

Minggu ini, dunia maya dipenuhi dengan dengan berita kemunculan UFO di atas gedung BBC London. Peristiwa ini disebut terjadi pada tanggal 15 dan 24 Juni 2011. Apakah rekaman tersebut merupakan hasil sebuah rekayasa?


Ketika saya pertama kali menonton rekaman tersebut pada tanggal 24 Juni, video itu baru dilihat sebanyak 4 ribuan kali. Sekarang angka itu telah menyentuh 400 ribuan. Saya percaya kalau Dailymail.co.uk adalah media yang paling bertanggung jawab dalam penyebaran yang luar biasa cepat ini.

BBC sendiri dan hampir semua media besar di Amerika tidak memberitakan peristiwa ini. Di Indonesia, berita mengenai UFO BBC ini diangkat oleh Vivanews (yang mengutip dan menerjemahkannya dari Dailymail).

Lalu, apakah rekaman ini menunjukkan UFO yang sebenarnya atau hanya merupakan hasil dari sebuah rekayasa?

Saya pribadi percaya kalau rekaman ini adalah hasil sebuah rekayasa yang rapi walaupun saya tidak memiliki bukti yang konklusif untuk mendukungnya.

Namun, saya memiliki beberapa pertimbangan dan kita akan melihatnya bersama-sama.

Karena kebanyakan kita mengetahui berita ini dari Vivanews, saya akan mengutip pemberitaan dari media itu.

Ini kutipan dari vivanews tanggal 27 Juni 2011:
"VIVAnews -- UFO (unidentified flying object) dilaporkan menampakkan diri di atas Gedung BBC di London Barat, beberapa hari lalu.

Tak hanya sempat disaksikan, benda aneh terbang itu juga direkam beberapa orang. Dalam sebuah video, perekam nampak berlari di persimpangan Jalan Bolsover dan Clipstone -- di mana dua pria lainnya berdiri menatap langit, dan satu lainnya merekam dengan kamera telepon genggamnya.Setidaknya, ada lebih dari satu saksi mata.

Seperti ditunjukkan dalam rekaman, tiga cahaya terbang melintasi langit dengan formasi segitiga di atas gedung BBC, Yalding House. Tiga benda aneh itu lantas diikuti dua titik cahaya yang melesat cepat. Lalu, menyusul satu titik cahaya terang yang lebih besar, terbang perlahan, lalu lenyap.

Saat kamera mengarah ke jalanan, beberapa orang nampak menyaksikan insiden tersebut. Kata, "UFO" terdengar beberapa kali.

Seperti halnya video-video UFO yang lain, bakal banyak orang mengiranya sebagai kabar bohong alias hoax. Apalagi London adalah 'rumah produksi' rekaman-rekaman aneh. Namun, pihak penyebar kamera memberikan alibi "Jika Anda yakin ini hasil photoshop, mengapa Anda tak coba membuat video dan menunjukkannya pada kami,' kata alym01, seperti dimuat Daily Mail, 27 Juni 2011."

(Notes: Typo dari Vivanews. User yang mengupload adalah alymc01, bukan alym01)

Setelah itu, Vivanews melanjutkan dengan penjelasan mengenai UFO yang tidak ada hubungan dengan kasus BBC.

Ini video UFO di atas gedung BBC yang dimaksud (diupload tanggal 24 Juni 2011).


Ini Screen Shotnya:

Jika rekaman ini adalah hasil sebuah rekayasa, maka ini adalah sebuah rekayasa yang sangat rapi. Namun ketika melihatnya, saya melihat ada elemen-elemen alamiah yang kurang pada rekaman tersebut sehingga saya lebih condong untuk meragukan keaslian rekaman ini.

Berikut 5 hal hal yang menjadi pertimbangan saya:

1. Mengapa sang kameramen tidak langsung merekam UFO di langit?

Ia berlari-lari kecil di trotoar dalam usahanya menangkap momen-momen luar biasa ini sambil menyadari kalau kemunculan UFO itu mungkin hanya akan berlangsung selama beberapa detik.

Kalau begitu, mengapa yang dilakukannya pertama kali adalah merekam orang-orang di jalanan dan bukan langsung mengarahkan kameranya ke langit?

2. Hampir tidak ada elemen emosi di dalam rekaman tersebut.

Orang-orang di jalanan mulai memandangi langit dan menyaksikan kemunculan-kemunculan objek misterius tersebut. Namun, mengapa tidak ada suara yang menunjukkan adanya ekspresi kaget atau kagum dari para saksi?

Apalagi ketika UFO Induk yang berukuran lebih besar muncul dari balik awan.

Saya tahu kalau warga Inggris memang dikenal sebagai pribadi yang berkarakter tenang. Tetapi, saya juga yakin kalau mereka bukan sekumpulan zombie yang tidak punya emosi.

3. Tidak ada saksi mata yang memberikan laporan.

Mungkin kalian akan segera menginterupsi saya dan berkata: "Apa maksudmu tidak ada saksi mata? Bukankah ada banyak saksi yang terlihat di dalam video itu?"

Benar. Namun yang saya maksud adalah saksi mata yang muncul ke permukaan, bukan saksi mata yang ada di dalam rekaman yang bisa jadi hanya sekumpulan aktor-aktor bayaran.

Dimana kesaksian Mr.Jack atau Ms.Jill atau siapa saja?

Sang pengupload video (alymc01) jelas mengatakan kalau UFO tersebut muncul di atas gedung Yalding BBC. Jika saya adalah seorang wartawan yang ingin memuat berita ini, maka saya akan mengunjungi jalanan di sekitar gedung Yalding pada jam makan siang, menemui orang-orang yang bekerja di sekitar gedung itu dan mencari tahu apakah ada di antara mereka yang melihat UFO tersebut.

Ini tidak dilakukan oleh Dailymail.

Yang mereka lakukan hanyalah memberitakan kalau sebuah video telah diupload ke youtube oleh user tidak dikenal yang memperlihatkan adanya sekumpulan UFO di atas gedung BBC.

Atau mungkinkah mereka sudah berusaha mencari saksi mata dan tidak menemukannya karena memang tidak ada?

4. Tidak adanya video atau foto dari saksi lain di jalanan gedung BBC.

Dalam rekaman, kita bisa melihat banyak orang mengarahkan ponselnya ke atas langit. Lalu dimana semua rekaman atau foto tersebut? Mengapa hanya video dari alymc01 yang muncul ke permukaan?

Bagi kalian yang mengikuti berita ini dengan serius mungkin akan segera mengingatkan saya mengenai keberadaan rekaman lain yang menunjukkan UFO serupa di atas Tower Bridge pada tanggal yang sama.

Soal ini akan saya jelaskan sebentar lagi .

5. Alymc01 dan 50nFit - Dua manusia paling beruntung di dunia?

Seperti yang saya katakan sebelumnya, bagi yang mengikuti berita ini dengan sungguh-sungguh pasti akan mengetahui kalau paling tidak ada tiga rekaman yang berhubungan dengan UFO BBC ini.

Dua rekaman diupload oleh alymc01 dan satu rekaman oleh 50nfit.

Sebelum mengupload video yang membuat heboh itu, alymc01 juga telah mengupload video lain pada tanggal 16 Juni 2011. Rekaman itu juga menunjukkan penampakan UFO di wilayah gedung BBC. Namun rekaman ini diambil dari dalam sebuah gedung. Almyc01 mengatakan kalau ia merekamnya pada tanggal 15 juni


Rekaman kedua diupload pada tanggal 24 Juni 2011 oleh alymc01. Rekaman ini adalah rekaman yang menjadi kontroversi tersebut.

Rekaman ketiga diupload pada tanggal 24 Juni 2011 oleh user youtube dengan nickname 50nfit. Rekaman ini menunjukkan adanya UFO-UFO serupa UFO BBC terbang di atas Tower Bridge. Karena tanggal kemunculan yang sama, rekaman ini diduga merupakan rekaman UFO yang sama, namun dari sudut pandang yang lain.


Beberapa orang mengklaim kalau rekaman UFO BBC ini kemungkinan besar otentik karena adanya rekaman kedua ini.

Lalu, apa yang aneh dari hal ini?

Bayangkan, pada tanggal 15 Juni, alymc01 berhasil merekam sekumpulan UFO di atas langit dari sebuah ruangan kantor. Minggu berikutnya, ia kembali berhasil merekam penampakan UFO yang kali ini bahkan jauh lebih spektakuler.

Bukankah ia manusia paling beruntung di dunia?

Jika memang penampakan UFO adalah sesuatu yang normal pada minggu tersebut, mengapa hanya videonya yang muncul ke permukaan?

Apakah tidak ada saksi atau rekaman yang lain?

Bukankah ini menimbulkan tanda tanya di benak kita?

Mengenai 50nfit, hal yang sama juga berlaku.

Jika kalian melihat profilnya di youtube, kalian akan menemukan kalau ia hanya mengupload dua video (yang salah satunya adalah video UFO di atas Tower Bridge).

Tahukah kalian video pertama diuploadnya?

Video yang pertama kali diuploadnya adalah video penampakan UFO Yerusalem yang membuat heboh itu!

Video ini telah dibuktikan sebagai hoax karea ketidaksempurnaan editingnya.

Yang lebih mencurigakan adalah deskripsi pada kedua video yang diuploadnya.

Pada video UFO Yerusalem:
Uploaded by 50nFit on Jan 30, 2011

Proof Jerusalem UFO video is real. A new video of the UFO over Jerusalem surfaced tonight from a tourist that was filming while on a late night tour of Jerusalem on January 28th 2011. The video is not the clearest because it was dark out, but it catches the same glowing orb that was caught on tape from across town.
Sekarang lihat deskripsinya pada video UFO Tower Bridge:
Uploaded by 50nFit on Jun 25, 2011

Tourist with camera in hand catches a brief view of several white glowing orbs as they fly past the Tower Bridge in London on Friday June 24th, 2011. I am not quite sure what these objects are, but they seem to be showing up all over the planet on candid videos.
Jika kedua rekaman ini otentik, bukankah 50nfit merupakan manusia paling beruntung di dunia karena ia berhasil mendapatkan dua rekaman UFO spektakuler dari dua turis misterius di dua lokasi yang berbeda jauh?

Sayangnya, rekaman UFO Yerusalem yang diuploadnya telah dibuktikan oleh banyak media sebagai sebuah hoax. Bukankah ini membuat kita semakin mencurigai otentisitas rekaman UFO Tower Bridge yang diuploadnya?

Ini memang tidak membuktikan kalau ia telah merekayasa video itu. Namun kredibilitas saksi merupakan faktor penting yang tidak bisa diabaikan dalam menganalisa sebuah kasus.

Lalu, jika memang rekaman UFO BBC ini sebuah rekayasa, mungkinkah rekaman itu dibuat dengan teknologi CGI (Computer Generated Imagery)?

Pada pemberitaan di Dailymail yang juga dikutip oleh Vivanews, tertulis kalimat seperti ini:
"Jika Anda yakin ini hasil photoshop, mengapa Anda tak coba membuat video dan menunjukkannya pada kami,' kata alym01, seperti dimuat Daily Mail, 27 Juni 2011."
Ketika membaca kalimat ini, kita mendapatkan kesan seakan-akan membuat rekaman rekayasa seperti UFO BBC adalah sesuatu yang mustahil. Namun, sebenarnya bagi seorang ahli CGI, membuat rekaman UFO seperti itu adalah sesuatu yang sangat gampang. Sama gampangnya seperti membuat pakaian bagi seorang penjahit.

Banyak rekaman UFO yang jauh lebih canggih telah diupload ke youtube. Rekaman-rekaman ini terbukti menggunakan teknologi CGI dalam pembuatannya. Contohnya adalah rekaman UFO Haiti dan UFO WTC.

Tetapi, apa buktinya kalau rekaman UFO BBC adalah hasil CGI?

Saya tidak memiliki bukti, namun saya bisa memberikan indikasinya.

Bagi kalian yang hanya membaca mengenai UFO BBC dari vivanews, kalian tidak akan menemukan indikasi tersebut. Namun akan berbeda jika kalian membacanya dari Dailymail.

Saya akan membandingkan pemberitaan Vivanews dan Dailymail dan saya rasa kalian akan bisa menemukan apa yang saya maksud dengan cepat.

Ini kutipan dari Vivanews:
"Seperti halnya video-video UFO yang lain, bakal banyak orang mengiranya sebagai kabar bohong alias hoax. Apalagi London adalah 'rumah produksi' rekaman-rekaman aneh.

Namun, pihak penyebar kamera memberikan alibi "Jika Anda yakin ini hasil photoshop, mengapa Anda tak coba membuat video dan menunjukkannya pada kami,' kata alym01, seperti dimuat Daily Mail, 27 Juni 2011."
Ingat, Vivanews mengutip (menerjemahkan) dari Dailymail. Namun wartawan Vivanews melewatkan sesuatu yang sangat penting. Dan ini memang patut disayangkan.

Ini kutipan asli dari Dailymail yang diterjemahkan oleh Vivanews:
"Far be it from us to suggest that the video is a hoax, but were people so minded then that part of London is home to a great many production houses offering both the expertise and facilities to mock up a convincing video.

Another similar video posted by alymc01 appears to have been filmed from the office of The Mill, a company which creates visual effects for the film industry.

But as the person who circulated the footage wrote in order to circumvent the cynical naysayers: 'If you believe it's easy photoshopped why don't you make a video & show us all."
Bisakah kalian melihat perbedaannya?

Ya, wartawan Vivanews melewatkan (tidak menerjemahkan) satu paragraf yang ada di tengah. Paragraf itu berbunyi:

"Another similar video posted by alymc01 appears to have been filmed from the office of The Mill, a company which creates visual effects for the film industry."

Rekaman pertama yang diupload alymc01 ternyata diambil dari kantor The Mill, sebuah perusahaan visual efek untuk industri film.

Tidakkah ini mencurigakan?

Karena diambil dari dalam ruangan kantor The Mill, bisa jadi alymc01 sendiri adalah karyawan dari perusahaan tersebut.

Seorang karyawan perusahaan visual efek "kebetulan" mendapatkan dua video UFO yang spektakuler?

Bukankah menarik?

Semua kehebohan ini tercipta karena tiga video yang diupload oleh dua orang. Orang pertama kemungkinan besar merupakan karyawan perusahaan visual efek. Sedangkan orang kedua terkenal sebagai pengupload video UFO rekayasa.

Sekali lagi, tidakkah ini mencurigakan?

Munculnya "kota siluman" di atas sungai Xin'an, Cina - kasus salah persepsi media

Pada tanggal 26 Juni 2011, media-media melaporkan sebuah peristiwa misterius di kota Huang Shan, Cina. Disebutkan kalau sebuah "kota siluman" muncul di atas sungai Xin'an setelah hujan lebat. Namun, media-media tersebut juga melaporkan kalau peristiwa ini terjadi akibat Mirage/Fatamorgana. Benarkah demikian?


Bagi kalian yang belum mengetahui kisah ini, berikut cuplikan berita berjudul 'Kota Misterius' Muncul di atas sungai China' dari Vivanews.com:
VIVAnews - Pemandangan menakjubkan muncul di China pada awal bulan ini. Sebuah kota misterius muncul di atas Sungai Xin'an.

Kota misterius itu muncul di langit Cina Timur setelah hujan deras. Saat itu, kondisi lembab menutupi Sungai Xin'an.


Kota misterius itu terlihat seperti pemandangan kota lainnya. Tampak gedung pencakar langit, beberapa gunung dan sedikit pohon-pohon.


Pemandangan itu terlihat oleh warga di Kota Huanshan. Muncul beragam spekulasi dari mereka, diantaranya menganggap tempat itu merupakan 'pusara' dari 'peradaban yang hilang'.


"Ini benar-benar luar biasa, terlihat seperti sebuah adegan di film, di negeri dongeng," kata seorang warga kepada saluran berita Inggris, ITN sebagaimana dimuat laman foxnews.com, 27 Juni 2011.


Namun, semua itu ternyata tak nyata alias fatamorgana. Para ilmuwan telah membatalkan teori 'pusara' dan 'peradaban yang hilang'.


Para ahli percaya pemandangan itu mungkin hanya sebuah fatamorgana yang disebabkan ketika kelembaban di udara yang menjadi lebih hangat dari suhu air di bawahnya.


Ketika sinar matahari melewati udara dingin ke udara hangat, cahaya itu dibiaskan atau belokan. Sehingga menciptakan sebuah bayangan di udara yang terlihat mirip dengan sebuah bayangan di air.


Refleksi itu merupakan pemandangan umum bagi banyak wisatawan yang berkunjung di daerah basah. (umi)
Dan ini adalah videonya:


Sebelum Vivanews, media-media besar lain di dunia seperti dailymail, foxnews dan yahoo news juga memberitakannya sehingga video ini dengan segera menjadi sensasi di dunia maya. Sebagian orang yang menolak teori Mirage mulai mengajukan berbagai pendapat yang bervariasi. Ada yang menyebutnya sebagai Vortex. Ada yang menyebutnya hasil dari proyek Blue Beam dan ada yang menyebutnya sebagai kota hantu.

Lalu, yang mana yang benar?

Apakah video itu hoax?

Jika tidak, apakah fenomena yang terlihat di video adalah hasil dari Mirage?

Saya sendiri percaya kalau video itu bukan hoax. Tetapi saya juga percaya kalau fenomena yang terlihat bukan hasil dari Mirage.

Menurut saya, kasus yang kita hadapi ini sesungguhnya memiliki jawaban yang sangat sederhana, yaitu salah persepsi oleh media.

Media Cina yang pertama kali memposting berita ini tidak pernah mengatakan kalau sebuah kota misterius/siluman muncul di atas sungai Xin'an. Namun, media-media lain yang mengutipnya memiliki persepsi kalau sebuah kota memang muncul di atas sungai itu.

Mari kita lihat bersama-sama:

Video ini pertama kali diposting oleh media Cina newscontent.cctv.com pada tanggal 16 Juni 2011.

Pada deskripsi video tertulis seperti ini:
"Amazing mirage appeared on Thursday at dusk at the Tunxi section of the Xin'an River in Huangshan City, east China's Anhui Province, when continuous pouring rain had just stopped."
In the thin mist above the river were spectacular images of mountains, buildings and trees, which seemed to be floating on the river.

The phenomenon began at about 17:00 p.m. local time, attracting a large number of people, who paused to watch the ethereal scene.

"It’s really amazing. It looks like a scene in the movie, in a fairyland," a local said.

Similar sights are often seen lately, only they were not as special as this one, local residents say.
Kalimat yang digunakan pada deskripsi di atas adalah:
"In the thin mist above the river were spectacular images of mountains, buildings and trees, which seemed to be floating on the river."
Jika saya menerjemahkannya, maka bunyinya seperti ini:
"Di tengah-tengah kabut tipis di atas sungai ada citra gunung-gunung, gedung-gedung dan pepohonan yang terlihat seperti melayang di atas sungai."
Tidak pernah ada sebutan mengenai kota siluman yang muncul di atas sungai!

Berita ini kemudian diambil oleh ITN, sebuah media Inggris yang menambahkan narasi pada video tersebut. Narasi inilah yang kemudian menjadi sumber salah persepsi karena kebanyakan media menggunakan video dari ITN.

Dalam narasinya, pada detik ke-25, reporter ITN mengatakan:
"The Spectacular images of mountains, buildings and trees appear in the thin mist above the Xin'an River."
Kata "appear" bisa berarti "terlihat" atau "muncul". Jadi, ITN mungkin tidak salah menggunakan kata itu. Namun, salah persepsi tidak bisa dihindari pada hari-hari berikutnya.

Dailymail.co.uk kemudian memberitakannya dengan judul: "Ghostly apparition of entire city appears over Chinese river... but is it just a mirage?"

Foxnews.com memberitakannya dengan judul: 'Lost Civilization' Appears Above Chinese River.

Vivanews menggunakan judul yang lebih moderat: 'Kota Misterius' Muncul di atas sungai China'.

Kenyataannya, tidak ada kota misterius yang tiba-tiba muncul di atas sungai.

Kalau memang tidak ada kota yang muncul di atas sungai Xin'an, apa yang terlihat di video itu?

Video itu menceritakan kalau hujan lebat turun pada hari kamis di kota Huang Shan. Ketika hujan itu berhenti pada pukul lima sore, kabut mulai menyelimuti sungai dan terlihatlah pemandangan kota yang spektakuler, seakan-akan kota itu melayang di atas awan.

Apa yang dimaksud oleh video itu sesungguhnya adalah menceritakan betapa mengagumkannya pemandangan kota itu ketika kabut menyelimuti sungai Xin'an. Bukan menceritakan mengenai kota gaib yang muncul di atas sungai.

Kita bisa menemukan bukti lain yang menegaskan salah persepsi ini dari bangunan-bangunan yang disebut sebagai bagian dari kota siluman pada video tersebut. Bangunan-bangunan tersebut ternyata memang benar-benar ada dan merupakan bagian dari kota Huang Shan.

Seperti terlihat dari video, rekaman ini diambil dari atas jembatan Guang Yu di atas sungai Xin'an. Kita bisa mengenalinya dari lengkungan-lengkungan di sisi jembatan.

Ketika sang kameramen mengarahkan kamera ke sisi jembatan, kita bisa melihat tiga lanskap yang disebut media sebagai "kota siluman".

Tetapi, dari penelitian lebih lanjut, kita bisa menemukan kalau lanskap tersebut bukanlah kota siluman ataupun efek dari mirage.

Jika kita menggunakan google earth dan memasukkan kata kunci "Tunxi", kita akan segera dibawa ke sungai Xin'an dan jembatan Guang Yu. Tiga lanskap yang muncul di video pun ikut terlihat.

Selain itu, kalian juga bisa melihat kalau sisi sungai itu penuh dengan gedung-gedung.

Mari kita lihat lebih dekat.

Ini screen shot jarak dekat lingkaran yang di tengah (pulau). Perhatikan bangunan di tengahnya.

Jika kita mengklik foto panoramio pada pulau tersebut di google earth, kita akan mendapatkan fotonya. Jelas, bangunan ini bukan bagian dari kota siluman.

Perhatikan bangunan yang paling kanan.

Ternyata hanya bangunan biasa.

Lalu, dengan melihat kepada foto-foto lain pulau tersebut, kita juga bisa menemukan banyak gedung-gedung tinggi di sisi pulau seperti yang terlihat pada rekaman.

(image source)

Kesimpulannya, bangunan-bangunan yang ada pada video tersebut bukanlah kota siluman atau hasil dari fenomena mirage. Melainkan memang bangunan-bangunan yang merupakan bagian dari kota Huang Shan.

Jika melihat definisi dari mirage, maka fenomena yang terlihat pada video pun sepertinya tidak bisa disebut akibat dari mirage. Menurut saya, fenomena ini hanyalah sebuah fenomena kabut biasa yang juga sering terjadi di banyak bagian dunia, seperti yang terlihat di San Fransisco di bawah ini.

Ide mengenai kota gaib atau vortex memang menyenangkan karena bisa membawa fantasi kita terbang tinggi. Tetapi untuk kasus ini, sepertinya kita harus menahan imajinasi kita untuk sementara.