Total Tayangan Halaman

Selamat Datang Bagi Semua

Blog ini berisi konten-konten yang menarik dari berbagai sumber, yang mungkin bisa bermanfaat bagi para pembaca sekalian..

Rabu, 30 Januari 2013

Abon Rusa, Oleh-oleh Unik dari Ujung Timur Indonesia

img

Abon rusa, oleh-oleh khas dari Merauke (Afif/detikTravel)

Merauke - Merauke di Papua adalah bagian paling timur Indonesia. Saat traveling ke sana, ada oleh-oleh khas yang harus Anda beli untuk keluarga di rumah. Ada abon rusa dengan rasa yang khas dan bikin ketagihan!

Di beberapa wilayah di Indonesia, rusa termasuk hewan yang langka, dilindungi dan harus dijaga kelestariannya. Namun di Papua dan Kalimantan misalnya, hewan ini masih banyak berkeliaran di alam bebas. Masyarakat setempat mengkonsumsi dagingnya.

detikTravel berkesempatan traveling ke Merauke beberapa waktu lalu. Meski berada di ujung timur Indonesia, bukan berarti destinasi ini tidak memiliki tempat-tempat wisata yang keren. Merauke terkenal dengan Taman Nasional Wasur yang menjadi habitat kangguru tanah, rumah semut yang mencapai ukuran dua kali lipat orang dewasa, dan wilayah perbatasan Papua Nugini dengan taman yang cantik di Distrik Sota.

Puas berkeliling Merauke, kini saatnya berburu oleh-oleh untuk keluarga atau pun kerabat di kantor. Salah satu kuliner khas Merauke yang sering diburu traveler adalah abon rusa.

Merauke memang terkenal dengan kuliner dari olahan daging rusa. Selain abon, sate rusa adalah kuliner yang wajib Anda cicipi saat berkunjung ke sana. Tak sulit mencari sate rusa, sebab banyak warung-warung makan dengan tenda di Kota Merauke yang menyajikan kuliner tersebut.

Salah satu tempat untuk berburu abon rusa adalah di Tifa Rusa, suatu rumah produksi abon rusa sekaligus toko oleh-oleh di Kota Merauke dan dekat dengan Bandara Merauke. Di sini ada banyak abon rusa yang dapat Anda beli untuk oleh-oleh.

"Kami buka dari pukul 06.00 pagi sampai 21.00 WIT malam, Mas," ungkap salah satu penjaga toko di sana.

Abon-abon rusa ditumpuk dengan rapi di rak-rak. Harganya pun tergantung ukuran, yaitu untuk ukuran 250 gram, harganya Rp 45 ribu dan 500 gram harganya Rp 90 ribu. Tinggal pilih sesuai kebutuhan Anda. Abon rusanya memiliki rasa yang khas. Teksturnya halus dan nikmat untuk dikunyah. Apalagi, jika Anda memakannya dengan nasi panas, dijamin ketagihan!

"Semua abon rusa di sini kita produksi sendiri," kata sang penjaga toko tersebut menambahkan.

Selain itu, masih banyak oleh-oleh lainnya yang dapat Anda beli di Merauke. Ada dendeng manis rusa, dendeng asin bumbu rusa, dendeng asin lokal rusa, pentolan bakso daging rusa, daging rusa, dan masih banyak lagi. Harganya mulai dari Rp 50 ribu hingga Rp 150 ribu.
 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar