Total Tayangan Halaman

Selamat Datang Bagi Semua

Blog ini berisi konten-konten yang menarik dari berbagai sumber, yang mungkin bisa bermanfaat bagi para pembaca sekalian..

Senin, 23 Mei 2011

Sate Domba Africa Gajah Mada

  (VIVAnews/Windratie)

Jl. Wahid Hasyim No. 116
Menteng
Jakarta Pusat
Tel. 0813 11178838, 9983 6072


Jangan kelirukan yang satu ini dengan tempat yang memulai demam sate domba (lihat Sate Afrika, JGFG 2008 – 2009, edisi kedua, halaman 134). Tempat ini bukan tersempil di sebuah pojok layu lapangan parkir melainkan berdiri menjulang di atas Circle K, di ruang luas yang nyaris kosong (dan sedikit sedih). Ada banyak gosip: resep Mali terkenal milik Haji Ismail Coulli telah jatuh ke tangan sekelompok orang tak dikenal di sisi seberang kota, dan mereka kudu sukses karena telah membuka tiga cabang baru dalam waktu kurang dari setahun.

Masih kurang bumbu? Baiklah. Sejauh ini saya telah memastikan bahwa sang pemilik dan juru masak bukan orang Mali, dan bahwa di sini tak bakal ada orang asing yang mendatangi kita meminta sumbangan untuk yayasan entah apa di Burkina Fasso saat kita tengah asyik melahap pisang goreng. Meski begitu, kondisi yang umumnya lebih baik ini tampaknya tak mengusik sang masakan—si domba masih berasal dari Cipanas, Jawa Barat; dagingnya masih disajikan dalam bentuk dadu lepasan alih-alih dicoblos dalam tusukan. Sementara dalam modus operandi lapangan parkir si daging setengah dimasak di atas panggangan arang (berkat adanya temuan baru bernama pesan-antar), di sini daging itu dibekukan.

Itu bukanlah satu-satunya perbedaan: alih-alih memperoleh saus sambal dan mustard yang loyo, kita mendapatkan kecap manis dan sambal yahud: manis dengan sentuhan bawang putih, dan pedas menampar—pendeknya, jenis yang bisa menambal ban bocor atau sayur alot. Pisang gorengnya datang lengkap dengan celupan mayones dengan hitungan kalori setara tiga domba. Ada pula penemuan-penemuan lain penghenti jantung: sup domba, nasi goreng domba, sate pisang—apa pun yang dapat memberikan keunggulan bagi si avatar dibandingkan sang sumber. Tempat ini juga buka sampai malam—dari pukul sepuluh pagi sampai pukul dua pagi. Syukurlah tak ada penemuan baru berkaitan dengan harganya (masih Rp35.000,00 untuk seporsi daging domba).
 

Kisaran harga: Rp 85.000,00 – Rp100.000,00 untuk berdua
Jam buka: 10.00 – 02.00
Aturan busana: santai
Atmosfer: warna-warni mencolok
Alkohol: tidak ada
Metode pembayaran: hanya tunai
Diulas: April 2009

Sumber : Jakarta Good Food Guide

Tidak ada komentar:

Posting Komentar