Total Tayangan Halaman

Selamat Datang Bagi Semua

Blog ini berisi konten-konten yang menarik dari berbagai sumber, yang mungkin bisa bermanfaat bagi para pembaca sekalian..

Senin, 30 Mei 2011

Rumah Mini Ramah Lingkungan

Meskipun berukuran kecil tetapi ruangan dalam rumah cukup lengkap.

VIVAnews - Jangan mengira kalau rumah Anda adalah tempat tinggal paling sempit. Masih ada rumah yang sangat mini berbentuk kubus. Meskipun ukurannya sangat kecil, rumah ini memiliki peralatan rumah tanggal yang lengkap.

Entah bagaimana arsitek bangunan ini bisa merancang sebuah rumah mini menjadi beberapa bagian ruang yang dapat disinggahi. Dengan ukuran 10 kaki, terdapat meja dengan dua kursi, ranjang ukuran double bed, shower ukuran normal dan dapur.  

Atap rumah didesain dengan model panel surya, sehingga bisa menghasilkan listrik. Panel tersebut juga bisa menjaga suhu dalam rumah tetap hangat dan nyaman.

Rumah ini juga dianggap sebagai tempat tinggal ramah lingkungan. Itu karena rumah yang dipamerkan di Edinburgh Science Festival ini, sengaja dirancang netral dari karbon. Dengan pembangkit listrik berupa panel surya, diharapkan dapat membuat rumah netral dari karbon selama lebih dari satu tahun.

Ukurannya yang sangat kecil, ternyata tidak mengurangi sisi kenyamanannya. Hal itu diungkapkan oleh Dr Mike Page dari University of Hertfordshire, sang pembuat rumah.

"Secara mengejutkan, ini benar-benar nyaman," katanya, seperti dikutip dari Daily Mail.

Rumah ramah lingkungan ini menggunakan sejumlah produk hemat energi. Dapurnya dilengkapi dengan kulkas hemat energi, kompor induksi, dan cooker hood yang memungkinkan pemilik rumah memasak dengan produk-produk ramah lingkungan.

Sebagian besar material bangunan terbuat dari kayu dan bahan ramah lingkungan. Meski dibuat dari bahan-bahan sederhana, namun perancang rumah ini tetap mempertimbangkan kenyamanan, gaya serta lingkungan.

Penerangan dalam rumah juga dibuat ramah lingkungan. Yaitu menggunakan lampu light emitting diode (LED) ultra-efisien serta pompa
udara sebagai sumber panas Ecodan yang diekstrasi dari udara. Dengan ruangan yang lengkap, ukuran yang sangat mini, serta material ramah lingkungan, rumah kubus ini dijuluki sebagai rumah ramah lingkungan terkecil di dunia.
• VIVAnews

Tidak ada komentar:

Posting Komentar