Total Tayangan Halaman

Selamat Datang Bagi Semua

Blog ini berisi konten-konten yang menarik dari berbagai sumber, yang mungkin bisa bermanfaat bagi para pembaca sekalian..

Sabtu, 04 Desember 2010

4 Makanan Pencegah Keriput

Shutter Stock
Nasi merah dan sayuran kaya warna.
KOMPAS.com - Tanda-tanda penuaan dini sebenarnya sudah dapat Anda lihat pada usia akhir 20-an. Penyebabnya adalah, kurangnya perawatan tubuh, dan pola makan yang kurang sehat. Padahal, untuk mendapatkan kulit yang tetap kenyal, mulus, dan bebas keriput, ada cara yang mudah dan murah. Ubah asupan makanan Anda dengan berbagai jenis bahan makanan ini. Anda bahkan akan mendapatkan manfaat kesehatan lainnya, selain untuk kulit!
1. Makan makanan berwarna setiap 4 - 5 jam
Saat usia makin bertambah, perlindungan antioksidan alami pada kulit Anda menurun. Karena itu, lindungi kulit dari keriput dengan mengonsumsi makanan yang kaya warna seperti pada buah-buahan dan sayuran. Tak perlu khawatir kehabisan ide mengenai apa yang harus dimakan, karena sumber nutrisi antioksidan ada ratusan jumlahnya. Yang paling penting adalah vitamin C (seperti pada tomat, buah sitrus, buah kiwi), vitamin E (kacang-kacangan dan alpukat), polyphenols (bubuk cokelat alami dan buah beri), quercetin (bawang-bawangan dan brokoli), dan karotenoid (sayuran hijau, ubi manis, dan sayuran berwarna oranye cerah lainnya).

2. Minum lebih banyak
Salah satu efek samping pertama dari dehidrasi adalah kehilangan elastisitas kulit, yang kelak menjadi penyebab utama garis-garis keriput. Berapa jumlah air putih yang harus Anda asup setiap hari, tentu Anda sudah tahu. Jika Anda tidak begitu menyukai air putih, ganti dengan teh hijau, susu rendah lemak atau bebas lemak, atau sesekali juga kopi. Buah-buahan dan sayuran pada dasarnya juga mengandung cairan, karena itulah mereka bisa menjadi layu. Tambahkan potensi antipenuaan pada bahan makanan ini dengan menyajikan sup dengan kaldu untuk makan siang atau makan malam. Saat sarapan, tambahkan menu smoothies yang dibuat dengan almon, kedelai, atau susu rendah lemak dan jus buah tanpa gula.

3. Dapatkan 30% kalori Anda dari protein
Melewati usia 30 tahun, massa otot akan merosot sekitar 3 - 8% setiap dekade, sehingga menyebabkan Anda merasa kekuatan maupun kemampuan membakar kalori mulai berkurang. Untuk mengantisipasi hal ini Anda perlu mengubah cara hidup, yaitu dengan melatih kekuatan secara teratur. Beberapa studi mengatakan bahwa asupan protein hewani yang lebih tinggi akan membantu melindungi otot pada wanita berusia di atas 50 tahun. Protein juga merupakan kunci menangkis kelelahan, menjaga kadar gula darah, dan mendukung perbaikan dan pertumbuhan sel-sel baru. Coba dapatkan 30% kebutuhan kalori harian dari sumber protein yang sehat seperti daging tanpa lemak, daging unggas, seafood, kacang polong, produk olahan susu bebas lemak atau rendah lemak, dan makanan berbahan dasar kedelai.

4. Jangan lupa gandum utuh
Simpan cadangan gandum utuh yang dilengkapi kandungan antioksidan. Nasi merah, gandum jenis bulgur, farro, millet, quinoa, dan oats, adalah beberapa pilihannya. Anda bisa menyajikan gandum ini sebagai menu sederhana, atau diramu dengan berbagai bahan makanan lain. Dengan gandum utuh, Anda akan mendapatkan cita rasa yang lebih baik, lebih banyak serat, dan lebih banyak nutrisi antipenuaan dini.

http://health.kompas.com/read/2009/10/25/15215597/4.Makanan.Pencegah.Keriput

Tidak ada komentar:

Posting Komentar