Total Tayangan Halaman

Selamat Datang Bagi Semua

Blog ini berisi konten-konten yang menarik dari berbagai sumber, yang mungkin bisa bermanfaat bagi para pembaca sekalian..

Sabtu, 04 Desember 2010

Ahli Kimia Meragukan Temuan NASA

Mikroba dengan struktur DNA yang berbeda. Fosfat pada rantai DNA digantikan dengan arsenate, gabungan molekul arsenik dan oksigen.

KOMPAS.com- NASA baru saja mengumumkan penemuan terbarunya di bidang astrobiologi. Mereka menemukan golongan mikroba yang mampu menggunakan arsenik untuk menggantikan fosfor, unsur yang dibutuhkan untuk membangun materi genetik atau DNA.

Penemuan tersebut diumumkan dalam konferensi pers pada tanggal 2 Desember 2010 serta dalam publikasi di Jurnal Science yang semula dikabarkan akan membahas tentang isu alien.

Beberapa orang terkejut dengan penemuan tersebut. Namun, Steven Berner, ahli kimia dari Foundation for Aplied Molecular Evolution di Gainesville, Florida skeptis dengan penemuan itu.

"Saya ragu dengan penemuan tersebut," kata ahli yang telah bertahun-tahun bekerja meneliti tentang struktur DNA alternatif. Keraguannya berkaitan dengan metode yang digunakan untuk melihat struktur DNA.

Ia mengatakan, untuk mengukur DNA yang telah termodifikasi, materi genetik tersebut harus diletakkan dalam air yang mengandung gel yang akan cepat melarutkan senyawa arsenat, gabungan senyawa arsenik dan oksigen.

Faktor tersebut, menurut Berner, harus diperhatikan untuk melihat hasilnya. Setiap hipotesis yang mengungkapkan bahwa arsenat mungkin dapat menggantikan fosfat dalam struktur DNA  harus memperhatikan proses tersebut.

Sumber : NewScientist

Tidak ada komentar:

Posting Komentar